Wednesday, February 17, 2016

10 Bentuk Kota yang Umum Dijumpai

Ketemu lagi di Online School, didalam artikel sebelumnya Cara Cepat Memahami Perencanaan Kota sudah dibahas mengenai pengertian perencanaan kota. Selanjutnya akan dibahas bentuk-bentuk kota yang umum dijumpai di dunia ini. Apakah sahabat semua sudah tahu? Kalau belum ayo kita baca dengan seksama tulisan berikut ini.

Istilah Penting Bentuk Kota

Perbedaan KotaSebelum membahas mengenai bentuk kota ada baiknya meninjau dan memahami beberapa istilah penting agar sahabat online school tidak kebingungan nantinya. Pertama adalah kita harus tahu apa itu wilayah perkotaan atau ruang lingkup kota, ini adalah suatu ruang yang memiliki kesatuan geografis beserta unsur terkait dan memberikan pengaruh kepada lingkungannya. Jadi dengan kata lain perkotaan ini kumpulan dari beberapa kota kecil atau desa yang mempunyai sifat saling bergantung pada induknya dalam aspek fungsional, contohnya Jakarta dengan JaBoDeTaBek, Denpasar dengan SarBaGiTa, Serpong dengan BSD. Kedua kita harus tahu, apa itu wilayah kota? Wilayah kota adalah sebuah daerah yang memiliki batas yang jelas dan sesuai dengan peraturan perundangundangan yang berlaku. Contohnya adalah 514 Kota yang ada di Indonesia ini daftarnya.

Sekarang kita masuk ke bentuk kota atau sering disebut model kota. Model kota adalah suatu wujud atau pola atau bentuk yang terbangun dari kawasan non pertanian atau perkotaan (kawasan terbangun) menuju pusatnya. Dalam bentuk kota ini sangat banyak faktor-faktor yang mempengaruhinya yang utama tentunya pola jaringan jalan, karena saat ini di semua kota Indonesia hampir diseluruh jalan utama menuju pusat kota sudah penuh terisi dengan bangunan. Coba saja sahabat amati. Faktor lainnya yang mempengaruhi bentuk kota ini adalah daya dukung lahan, sebaran sumber daya alam, kebijakan pemerintah.

Bentuk-Bentuk Kota

1. Bentuk Linier.

Kota dimana berbentuk garis dan biasanya ini terbentuk akibat hasil dari topografi alami yang membatasi perkembangan kota/hasil pola transportasi.
Contoh : Kota Madrid di Spanyol.
Bentuk Linier, Kota Madrid di Spanyol
Bentuk Linier, Kota Madrid di Spanyol

2. Bentuk Spreedsheet (Grid)

Kota dimana yang memiliki 2 koridor utama untuk melalui pusat kota.
Contoh : Mexico City di Meksiko, Kota Surakarta di Indonesia
Bentuk Grid, Kota Mexico di Meksiko
Bentuk Grid, Kota Mexico di Meksiko

3. Bentuk Star (Bintang)

Memiliki ruang terbuka diantara beberapa koridor utama menuju pusat kota.
Contoh : Kota Washington DC di Amerika.
Bentuk Star, Kota Washington DC di Amerika
Bentuk Star, Kota Washington DC di Amerika

4. Bentuk Radio Centric (Roda Pedati)

Bentuk paling umum dan sering dijumpai di dunia bentuk kota ini yang memiliki jalan utama atau koridor besar dan radial.
Contoh : Kota Palma Nauva di Spanyol.
Bentuk Radio Centric, Kota Palma Nauva di Spanyol
Bentuk Radio Centric, Kota Palma Nauva di Spanyol

5. Bentuk Ring (Cincin)

Terdiri dari beberapa pusat kota yang melingkari pusatnya sehingga terbentuk ruang terbuka hijau di pusat tersebut dan membuat pusat kota disekitarnya juga berkembang maju.
Contoh : Randstad Holland di Belanda terdiri dari 4 Kota Besar yaitu Kota Amsterdam, Rotterdam, Den Haag, Utrecht selengkapnya baca disini.

6. Bentuk Satelite and Neighbourhood Plans (Satelit dan Pusat-Pusat Baru)

Ini merupakan bentuk kota yang yang mana terbentuk akibat dari arus urbanisasi dari kota-kota yang berada disekeliling kota utama, sehingga membentuk kawasan yang sangat besar dan biasanya berjumlah penduduk yang tinggi hingga disebut Metropolitan dan bahkan Megapolitan.
Contoh : Kota Jabodetabek di Indonesia, Kota London di Inggris.
Bentuk Satelit, Kota Jabodetabek di Indonesia
Bentuk Satelit, Kota Jabodetabek di Indonesia

7. Bentuk Constellation

Bentuk kota dimana terdiri dari beberapa kota yang berdekatan dan pertumbuhannya hampir sama dan berimbang yang disebabkan oleh jalur transportasi yang menghubungkan dari pusat wilayah yang satu ke pusat wilayah yang lain. Kota seperti inilah yang banyak berkembang di Indonesia karena adanya sistem Otonomi Daerah sehingga kota-kota berkembang hampir bersamaan di suatu kawan atau wilayah.
Contoh : Kota Payakumbuh, Kota Padang Panjang, Kota Batusangkar dan Kota Bukitinggi di Sumatera Barat, Indonesia.
Bentuk Konstelasi, Kota Payakumbuh, Bukittinggi, Padang Panjang, dan Batusangkar di Indonesia
Bentuk Konstelasi, Kota Payakumbuh, Bukittinggi, Padang Panjang, dan Batusangkar di Indonesia

8. Bentuk Polycentred

Kota ini berkembang dengan penyebaran kota secara teratur dan memiliki batas yang jelas antar jalur distribusi transportasi dimana ada jalur umum dan khusus sehingga wilayah pekembangan dan ruang terbuka tertata dalam perputaran distribusinya.
Contoh : Kota Detroit di Amerika dengan fungsi sebagai kota pengangkutan dan industri mobil.

9. Bentuk Branch (Cabang)

Bentuk ini merupakan perkembangan dari bentuk Linier. Dimana terdapat banyak cabang dari jalur utama menuju pusat kota dan juga merupakan jalur utama dari pusat tersebut.
Contoh : Kota Probolinggo di Jawa Timur, Indonesia
Bentuk Cabang, Kota Probolinggo di Indonesia
Bentuk Cabang, Kota Probolinggo di Indonesia

10. Bentuk Wallet

Kota dengan bentuk ini berkembang akibat dari kondisi fisik topografi seperti laut, gunung, dan sebagainya sehingga perkembangan kota tidak berhubungan dan memiliki zona yang terpencil dan terjauh dalam perkembangan kota ini.
Contoh : Kota Wamena di Papua, Indonesia.
Bentuk Wallet, Kota Wamena di Indonesia
Bentuk Wallet, Kota Wamena di Indonesia
Itulah 10 model kota yang telah Online School bahas. Setelah sahabat melihat bentuk-bentuk kota tersebut maka sahabat dapat melihat bukan betapa tingginya jalur transportasi atau pola jaringan jalan itu menentukan arah perkembangan dari kota itu sendiri dengan kata lain transportasi darat memang lebih prioritas dibandingkan transportasi udara atau laut.

O iya sahabat Online School punya pertanyaan nih. Sebutkan model kota tempat sahabat tinggal di kolom komentar ya. Supaya kita lebih peduli dengan kota kita sendiri.

BERLANGGANAN GRATIS!
Silahkan masukan email anda untuk mendapatkan kiriman artikel terbaru dari blog kami bersama 500 Pembaca lainnya, gratis langsung ke email anda.

Related Posts

10 Bentuk Kota yang Umum Dijumpai
4/ 5
Oleh

Mohon komentar yang relevan dan benar sesuai pembahasan. pernah menuliskan link karena pasti dihapus. Terima kasih.