Tuesday, February 23, 2016

6 Zaman Penting dalam Perkembangan Kota

Guys.. Online School kembali lagi. Kali ini kita akan membahas sejarah perkembangan kota dari masa ke masa. Hal ini perlu kita bahas sebagai dasar kita untuk menentukan pola struktur kota pada bahasan kita selanjutnya. Dalam bahasan kali ini Online School akan mencoba membagi 6 masa atau zaman atau fase dari perkembangan kota yang ada di dunia ini. Berikut ini adalah pembahasan detail dari keenam fase tersebut.

Zaman Purba

Menurut ilmu pengetahuan, zaman purba adalah zaman yang dikatakan oleh para ahli sejarah sebagai zaman hidupnya manusia purba yang mana dibuktikan dari penemuan fosil. Dalam perkembangannya pun ternyata manusia purba pun hidup berkelompok-kelompok membentuk komunitas tertentu dalam kehidupannya. Perkembangan kota pada zaman purba ini dibagi menjadi 2 zaman yaitu Zaman Paleolitik dan Neolitik. Online School akan bahas satu per satu.

Zaman Paleolitik 

Disebut juga sebagai Zaman Batu Tua ini diprediksikan terjadi pada periode antara tahun 50.000 SM - 10.000 SM. Ciri utama dari kota pada zaman ini adalah manusia menjadikan gua sebagai tempat tinggal dan teknologi sangat rendah sehingga manusia hidup benar-benar mengandalkan alam (penyesuaian / adaptasi pada keterbatasan alam). Jika sahabat online school ingin membaca penjelasan lengkapnya ada pada link ini.
Gambar Ilustrasi Zaman Paleolitik
Gambar Ilustrasi Zaman Paleolitik

Zaman Neolitik 

Disebut juga sebagai Zaman Batu Tua ini diprediksikan terjadi pada periode antara tahun 9000 SM - 2000 SM. Ciri utama dari perkembangan kota pada zaman ini adalah telah berkembangnya peradaban seperti manusia telah mulai mengenal cara bercocok tanam dan beternak hal ini dibuktikan dari penemuan benda-benda dari batu yang telah diasah, konsep perencanaan lebih sistematis dimana gua bukan lagi rumah tempat tinggal manusia dan memiliki nilai-nilai budaya. Contohnya adalah Kota Tua Kahun di Mesir (2000 SM). kalo mau tau untuk perkembangan neolitikum di Indonesia lihat ini ya sahabat link.
Gambar Ilustrasi Zaman Neolitik
Gambar Ilustrasi Zaman Neolitik

Zaman Romawi Kuno

Zaman ini diprediksikan dimulai pada periode antara tahun 509 SM sampai 476 M. Masa ini manusia telah mengenal berbagai komplesitas dari permasalahan kota. Hal ini dapat dibuktikan melalui sumbangan yang cukup banyak dibidang hukum, perang, seni, arsitektur, dan bahasa bagi dunia barat. Dalam kata lain manusia telah mengenal yang namanya tulisan pada zaman ini dan juga telah mengenal kepercayaan dalam menjalani kehidupan. Model kota pun dibangun berdasarkan pada pengkultusan sebagai pemujaan dewa-dewa dimana konsep ini dinamakan sebagai konsep Agora (kekuasaan, kekaisaran, dan tempat pemujaan dewa-dewa dijadikan sebagai elemen dari pusat kota). Contohnya adalah Kota Acropolis, Priene, Militus (Yunani), Pompei di Roma.
Gambar Ilustrasi Zaman Romawi Kuno
Gambar Ilustrasi Zaman Romawi Kuno

Zaman Abad Pertengahan (Medieval Age)

Zaman ini dimulai dari abad ke-5 hingga abad ke-10 ditandai runtuhnya Kerajaan Romawi. Jika dilihat dari sejarah-sejarah pada masa ini terjadi kemunduran pada perkembangan kota ditandai dengan berkurangnya jumlah penduduk, urbanisasi berhenti, penurunan perdagangan dan banyaknya imigrasi. Namun, pada abad ke-8 M mulailah bergeliat kembali perkembangan kota dimana muncul sistem feudal yang menerapkan sistem agrikultur secara sistematis dan menghasilkan sistem tiga ladang dan alat pembajak sawah pada saat itu. Model kota yang berkembang saat zaman ini adalah Gothic dengan budaya ketuhanan yang cukup kental dimana setiap penguasa kota bergelar Agung dan Utama. Tempat-tempat peribadahan pun menjadi simbol-simbol kota pada zaman ini.
Gambar Ilustrasi Zaman Abad Pertengahan
Gambar Ilustrasi Zaman Abad Pertengahan

Zaman Peralihan (Renaissance)

Zaman ini terjadi pada periode waktu antara abad ke-14 sampai abad ke-17. Pada hakekatnya perkembangan kota di zaman ini sama dengan pada zaman abad pertengahan hanya berbeda pada skala pengembangan kota itu, dimana pada zaman ini pengembangan kota dilakukan secara besar-besaran dan juga dimulainya proses penjelajahan dunia. Zaman ini juga mulai mengenal tentang kerjasama antar regional dari setiap kota yang mana pada zaman sebelumnya hubungan regional ini belum terbentuk akibat seringnya terjadi perperangan. Dilihat dari segi estetika dan arsitektonis maka pada zaman ini perkembangan kota sangatlah menonjol dibuktikan dengan bentuk-bentuk ornamen yang sangat tinggi nilainya serta sudah adanya taman-taman kota yang dibangun, sehingga banyak seniman yang lahir pada zaman ini. Contohnya adalah pada kota-kota tua di Eropa (Jerman, Inggris, Austria, Rumania, Belanda, dan sebagainya).
Gambar Ilustrasi Zaman Peralihan
Gambar Ilustrasi Zaman Peralihan

Zaman Industrialisasi (Post Modern)

Zaman ini ditandai dengan terjadinya revolusi industri di beberapa negara Eropa, contohnya Inggris, Perancis pada abad ke-18. Industrialisasi ini mendorong perkembangan kota dengan sangat maju, ini dapat dilihat terjadinya lonjakan urbanisasi pada masa itu. Pemenuhan akan kebutuhan masyarakat juga meningkat dari segi fasilitas dan utilitas umum, perumahan, dan kepadatan penduduknya pun tinggi di dalam kota. Pada zaman ini, berkembanglah pemikiran akan efisiensi, efektifitas produksi serta ekonomi dalam perencanaa kota. Namun dibalik perkembangan yang sangat pesat ini pada zaman ini mulai terjadi yang namanya pencemaran lingkungan baik di tanah, air, maupun udara. Akibat dari perubahan-perubahan yang radikal ini maka terbentuklah konsep-konsep baru dalam pembangunan kota, dimana yang cukup signifikan terlihat adalah konsep kota baru di Kota London, Inggris beserta sekitarnya dan juga konsep garden city di beberapa Kota Eropa lainnya. Sementara itu dari segi peraturan kota pada abad ini telah muncul perundangan kota sebagai contoh di Inggris tahun 1948 tentang Public Health dan tahun 1890 tentang The Brittish Housing Law. Pergeseran pemikiran akan perencanaan kota pun bergeser dari zaman peralihan yang mengutamakan estetika dan arsitektonis ditambahkan dengan fungsi-fungsi kota secara sosial dan fungsi kota itu sendiri.
Gambar Ilustrasi Zaman Industrialisasi
Gambar Ilustrasi Zaman Industrialisasi

Zaman Komunikasi dan Informasi (Modern)

Inilah masa dimana kita hidup saat ini. Penemuan-penemuan teknologi yang menjadikan dasar pada perkembangan kota di zaman modern ini. Mulai dari penemuan telepon, radio, televisi, satelit, hingga komputer. Disamping perkembangan teknologi yang cukup signifikan pada zaman ini pun terjadi perkembangan ekonomi yang lebih jauh dari sebelumnya yang ditandai dnegan terjadinya era perdagangan bebas (AFTA untuk ASEAN, 2003 dan APEC untuk Asia Pasifik tahun 2010 dan 2020). Jika dilihat model dan bentuk kota yang berkembang pada zaman modern ini maka kita dapat melihat pada bahasan Online School sebelumnya yaitu mengenai Model Kota part 1 dan part 2. Dimana sebagian besar faktor yang mempengaruhi berkembangnya kota adalah jalur transportasi dan perkembangan teknologi.
Gambar Ilustrasi Zaman Modern
Gambar Ilustrasi Zaman Modern
Sahabat Online School itulah 6 zaman yang mempengaruhi perkembangan kota hingga terjadi masa seperti saat ini. Pada bahasan berikutnya Online School akan mencoba menggali lebih spesifik tentang sejarah perkembangan kota di Indonesia. Oleh karena itu, Sahabat jangan ketinggalan materi-materi baru update-an dari kita ya. Ayo follow kita dengan cara like FB Fanpage kami, subscribe by email (lihat sebelah kanan tinggal diisi aja email sahabat), follow google plus, dan twitter penulis ya.

BERLANGGANAN GRATIS!
Silahkan masukan email anda untuk mendapatkan kiriman artikel terbaru dari blog kami bersama 500 Pembaca lainnya, gratis langsung ke email anda.

Related Posts

6 Zaman Penting dalam Perkembangan Kota
4/ 5
Oleh

Mohon komentar yang relevan dan benar sesuai pembahasan. pernah menuliskan link karena pasti dihapus. Terima kasih.