Monday, March 21, 2016

6 Hal yang Wajib dalam Merencanakan Sarana Air Minum

Dalam 2 bahasan sebelumnya sahabat sudah bisa memprediksi jumlah penduduk dan konsumsi air. Prinsip dalam merencanakan sebuah sistem apapun adalah efisiensi hasil perencanaan bernilai 99%. Efisiensi yang dimaksud dalam perencanaan ini adalah mulai dari efisiensi anggaran, efisiensi pengelolaan hingga efisiensi pemeliharaan. Agar efisiensi ini tercapai dalam sistem penyediaan air minum kota maka sebagai perencana sahabat wajib mempertimbangkan 6 hal ini dalam perencanaan sahabat. Berikut penjabaran 6 pertimbangan wajib ini oleh Online School.

Tahun Perencanaan (Target Year)

Tahun perencanaan ini merupakan hal paling krusial yang harus sahabat pertimbangkan. Hal ini ditentukan oleh kecenderungan kebutuhan air, ketersediaan sumber daya air, dan juga sumber dana. Secara umum, di Indonesia tahun perencanaan ini dibagi 3 tahapan yang terintegrasi juga ke dalam RTRW Kota dimana ada jangka pendek, jangka menengah, jangka panjang. Jangka pendek waktunya adalah 1 - 3 tahun, jangka menengah waktunya adalah 5 tahun, dan jangka panjang waktunya adalah 20 tahun. Namun, dasar penentuan perencanaan haruslah menetapkan jangka panjang terlebih dahulu baru kemudian dibagi (diparsialkan) menjadi beberapa tahapan dan biasanya setiap tahun dan 5 tahun ada review yang dilakukan agar dapat menentukan kebijakan dan hasil yang dicapai dalam setiap tahapannya. Sistem Penyediaan Air Minum jangka panjang ini biasanya disebut Masterplan atau Rencana Induk.

Daerah Pelayanan (Service Area)

Daerah pelayanan ini adalah daerah yang dijadikan target untuk diberikan atau disuplai atau dilayani air minum dalam tahun perencanaan. Biasanya daerah pelayanan ini di Indonesia berdasarkan kota seperti yang telah diketahui bahwa setiap Kota di Indonesia telah memiliki PDAM yang merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Persentase Pelayanan (% Service)

Merupakan perbandingan dari jumlah penduduk yang terlayani atau disuplai atau diberikan air minum dengan jumlah penduduk total yang ada di daerah atau kota tersebut. Berikut rumusannya.
Persentase Pelayanan (% Service)

Tipe Sambungan (Connection Type)

Dasar dalam penetapan tipe sambungan yang digunakan adalah berdasarkan konsumsi air yang akan dilayani. Berikut beberapa kategori tipe sambungan.
- Sambungan rumah atau house connection (SR/HC), yaitu sambungan air minum yang diberikan untuk setiap rumah dielngkapi dengan meter air.
- Keran umum atau public hydrant (KU/H), yaitu satu sambungan air minum yang digunakan oleh sekelompok orang (komunal)

Kehilangan Air (Non Revenue Water)

Secara umum, kehilangan air merupakan hal yang tidak bisa terelakkan dalam proses penyediaan air minum dan dapat dikatakan bahwa kehilangan air ini adalah indikator efisiensi dari sistem penyediaan air minum. Jadi kehilangan air dirumuskan sebagai selisih antara air yang didistribusikan dengan air yang dikonsumsi dalam satuan persen. Berikut rumusannya.
Kehilangan Air (Non Revenue Water)
Negara maju biasanya memiliki NRW lebig efisien dibanding negara-negara berkembang. Sedangkan Indonesia telah menetapkan target sebesar 20% sesuai MDGs. Salnjutnya penjelasan lebih detail untuk kehilangan air ini, Online School akan bahas pada sub materi tersendiri selanjutnya.

Kapasitas Sistem (Capacity System)

Kapasitas sistem dipengaruhi oleh debit sumber air, debit saat hari maksimum, dan debit saat jam puncak. Dalam menghitung sistem produksi (Instalasi Pengolahan Air / IPA) maka faktor utamanya adalah debit hari maksimum dan debit sumber air, sedangkan sistem distribusi faktor utamanya adalah debit saat jam puncak.

Demikian 6 hal yang wajib dipertimbangkan dalam rencana penyediaan air minum. Biar sahabat tidak ketinggalan materi-materi berikutnya, jangan lupa ya follow kita dengan cara like FB Fanpage kami, subscribe by email (lihat sebelah kanan tinggal diisi aja email sahabat atau yang lewat mobile bisa masuk ke web version dan lihat paling bawah), follow google plus, dan twitter penulis ya.

BERLANGGANAN GRATIS!
Silahkan masukan email anda untuk mendapatkan kiriman artikel terbaru dari blog kami bersama 500 Pembaca lainnya, gratis langsung ke email anda.

Related Posts

6 Hal yang Wajib dalam Merencanakan Sarana Air Minum
4/ 5
Oleh

Mohon komentar yang relevan dan benar sesuai pembahasan. pernah menuliskan link karena pasti dihapus. Terima kasih.