Thursday, March 10, 2016

Cara Mudah Memperkirakan Jumlah Penduduk Kota

Online School sebelumnya telah memberitahu kepada sahabat beberapa metode untuk penyediaan air minum (lihat ini). Saat ini Online School akan membahas salah satu faktor krusial dalam hal menghitung kebutuhan air minum dari sebuah kota adalah jumlah orang / penduduk yang nantinya akan dilayani. Salah satu cara untuk mengetahui jumlah penduduk di masa yang akan datang adalah menggunakan proyeksi (prediksi) pertumbuhan penduduk. Proyeksi ini haruslah seakurat mungkin dengan memperhitungkan faktor-faktor yang berkaitan langsung dengan laju pertumbuhan penduduk yaitu angka kelahiran, angka kematian, dan migrasi penduduk. Biasanya sebuah kota di Indonesia sudah memiliki prediksi laju pertumbuhan penduduk yang biasanya dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) setiap kota/kabupaten, provinsi hingga nasional.

Jika laju pertumbuhan penduduk dari BPS tersebut tidak tersedia maka dari itu perlu mengetahui laju pertumbuhan penduduk berdasarkan data jumlah penduduk masa lalu (histori), Online School menyarankan sekurang-kurangnya memiliki 10 tahun data jumlah penduduk terakhir sebuah kota. Mengingat banyaknya faktor yang harus dilihat lebih lanjut seperti fluktuasi penduduk yang aneh (tiba-tiba naik / turun) dalam rentan waktu yang singkat akibat dari kondisi sosial-ekonomi. Dalam kasus ini sebaiknya menggunakan beberapa metode dibawah ini untuk menentukan angka laju pertumbuhan penduduk di masa yang akan datang, berikut metode yang dibahas pada materi Online School Selanjutnya.

Metode Aritmatika

Metode ini mengasumsikan laju pertumbuhan penduduk di masa yang akan datang bertambah dengan jumlah yang konstan, dengan kata lain jumlah penduduk di sebuah kota bertambah dengan jumlah yang sama setiap tahunnya. Secara matematis dapat dijabarkan sebagai berikut.
Metode Aritmatika

Metode Geometrik (Eksponensial)

Dalam metode ini diasumsikan jika laju pertumbuhan penduduk bertambah secara eksponensial (deret ukur). Agar memudahkan perhitungan dalam metode ini, maka dilakukan penggantian kurva yang eksponensial menjadi kurva garis lurus dengan mengubahnya ke persamaan logaritma. Sehingga didapatkan konstanta geometri (Kg) menggunakan persamaan garis lurus. Berikut ini penjabaran secara matematis.
Metode Geometrik (Eksponensial)

Metode Geometrik Bertingkat (Bunga Berbunga)

Asumsi yang digunakan dalam metode ini adalah pertambahan jumlah penduduk akan selalu meningkat dengan sendirinya tanpa memperhatikan laju penurunan penduduk. Istilah lainnya adalah laju pertumbuhan penduduk dihitung berdasarkan bunga majemuk sehingga laju pertumbuhan di masa yang akan datang dianggap sama. Secara matematis dapat mengikuti rumus dibawah ini.
Metode Geometrik Bertingkat (Bunga Berbunga)

Metode Peningkatan Inkremental (Incremental Increase Method)

Menurut KBBI, inkremental adalah perkembangan yang kuantitasnya secara sedikit demi sedikit dan terus menerus secara teratur. Berdasarkan pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa metode ini mengasumsikan laju pertumbuhan penduduk tidaklah konstan dan ekponensial, sehingga dalam metode ini terdapat 2 variabel yang mempengaruhi laju pertumbuhan penduduk yaitu variabel x dimana angka pertumbuhan total setiap tahunnya dan variabel y dimana merupakan angka pertambahan dari angka pertumbuhan sehingga ada kemungkinan variabel y bernilai negatif (jumlah penduduk menurun). Berikut rumus yang digunakan.
Metode Peningkatan Inkremental (Incremental Increase Method)

Metode Rasio dan Korelasi

Jika dalam proses perencanaan sahabat tidak memiliki data historikal jumlah penduduk di daerah tersebut. Maka cara lain untuk mengetahui data tersebut adalah dengan mengasumsikan rasio jumlah penduduk di daerah perencanaan mengikuti rasio jumlah penduduk daerah yang lebih besar, namun dengan syarat daerah perencanaan berada dalam satu regional dengan daerah yang dijadikan acuan tersebut. Contohnya daerah kelurahan di dalam daerah kecamatan, daerah kecamatan di dalam daerah kota/kabupaten, daerah kota/kabupaten di dalam daerah provinsi. Sehingga setelah diketahui rasio jumlah penduduk tersebut dapat dilakukan proyeksi pertambahan penduduk di masa yang akan datang dengan menggunakan perhitungan berikut ini.
Metode Rasio dan Korelasi


Metode Penurunan Tingkat Kenaikan (Decreasing of Increase Method)

Metode ini digunakan jika sahabat akan merencanakan daerah dimana jumlah penduduknya sudah mengalami kejenuhan yang artinya pertumbuhan penduduk setiap tahun tidak signifikan jumlahnya. Berikut ini adalah rumus yang dapat digunakan.
Metode Penurunan Tingkat Kenaikan (Decreasing of Increase Method)

Kemudian setelah pembahasan ini pastinya sahabat Online School bertanya bagaimana cara memilih metode yang akan diaplikasikan untuk memprediksi jumlah penduduk di masa yang akan datang bukan? Jawabannya adalah dengan melakukan beberapa langkah prosedur berikut ini.
- Plotkan aktual jumlah penduduk pada masa lalu vs waktu, di kertas grafik atau menggunakan software excel.
- Lihat dan tentukan kecenderungannya (tren) naik / turun.
- Tentukan kurva prediksi yang cocok dengan tren tersebut, menggunakan metode statistik (menentukan standar deviasi data)
- Pilih metode dengan deviasi paling kecil dan jadikan angka pada tahun terakhir sebagai acuan untuk memprediksikan jumlah penduduk di masa yang akan datang.

Demikian metode proyeksi penduduk yang dapat dilakukan untuk menentukan jumlah penduduk yang akan dilayani dalam rencana penyediaan air minum. Selanjutnya, Online School akan membahas lebih detail kepada estimasi kuantitas air dalam perencanaan sistem penyediaan air minum. Biar sahabat tidak ketinggalan materi-materi berikutnya, jangan lupa ya follow kita dengan cara like FB Fanpage kami, subscribe by email (lihat sebelah kanan tinggal diisi aja email sahabat atau yang lewat mobile bisa masuk ke web version dan lihat paling bawah), follow google plus, dan twitter penulis ya.

BERLANGGANAN GRATIS!
Silahkan masukan email anda untuk mendapatkan kiriman artikel terbaru dari blog kami bersama 500 Pembaca lainnya, gratis langsung ke email anda.

Related Posts

Cara Mudah Memperkirakan Jumlah Penduduk Kota
4/ 5
Oleh

Mohon komentar yang relevan dan benar sesuai pembahasan. pernah menuliskan link karena pasti dihapus. Terima kasih.