Monday, April 4, 2016

Kualitas Air Minum yang Wajib Dipenuhi

Air Minum Kaya H2O
Air Minum yang Berkualitas
Semua orang tahu secara pasti bahwa air yang kualitasnya baik dan bagus adalah air yang jernih, tidak berbau dan tidak berasa. Jadi kualitas air menjadi salah satu prinsip dasar dalam penyediaan air minum untuk masyarakat seperti yang telah dibahas pada materi penyediaan air minum. Namun jika kita hanya mengacu kepada 3 parameter tersebut maka sahabat hanya melihat dari saru aspek saja. Secara detail kualitas air minum dipengaruhi oleh 3 variabel yaitu fisik, kimia, dan biologi. Oleh karena itu bahasan mengenai kualitas air minum maka sahabat tidak akan terlepas dari yang namanya baku mutu air minum atau peraturan yang ditetapkan oleh Pemerintah agar kualitas yang diminum masyarakat sesuai dengan kebutuhan.

3 Indikator yang Wajib Dipenuhi

Kualitas air secara umum yang harus dipenuhi jika sahabat akan menyediakan air minum bagi masyarakat yaitu.

Aman dari penyebab infeksi

Beberapa makhluk hidup yang menjadi penyebab infeksi di dalam air sehingga dapat membawa dampak buruk bagi manusia (waterborne diseases) adalah
a. Bakteri, menyebabkan infeksi perut seperti typhus, parathypus, disentri, cholera.
b. Protozoa, menyebabkan penyakit disentri amoeba
c. Cacing, menyebabkan penyakit cacingan (schistosoma)
d. Virus, menyebabkan penyakit polio (poliomyelitis).

Bebas dari substansi beracun

Substansi beracun atau bahan berbahaya beracun bersifat kimiawi yang secara umum ditemukan dalam air, namun tidak jarang juga makhluk biologis menjadi kontaminan utama di dalam air. Berikut adalah penjabarannya.
a. Biologis, kontaminan alami dari kehidupan akuatik dengan contohnya adalah alga penyebab kematian hewan ternak.
b. Kimiawi, secara kimia ini dapat dikelompokan berdasarkan sumbernya, yaitu.
- Kontaminan alami berasal dari mineral, fluoride, arsenic, nitrate.
- Kontaminan berasal dari sistem air bersih, zinc, Pb, mangan, besi.
- Kontaminan berasal dari buangan industri, mercury, chromium, ABS, PCB

Bebas dari mineral dan zat organik

Secara umum mineral dalam air sangat dianjurkan karena sangat diperlukan oleh tubuh manusia namun dalam jumlah (kuantitas) yang berlebih yang tidak diperkenankan karena akan menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan manusia, contohnya adalah air sadah yang dapat membentuk kerak, air berwarna kecuali warna asli air tersebut.

Upaya Menjaga Kualitas Air Minum

Kontrol Sumber Air

Kontrol yang dilakukan meliputi pemilahan antara sumber air, jumlah polutan yang masuk ke sumber air, memperbaiki kualitas sumber, dan pertumbuhan biologi di ekosistem sumber air.

Desain IPA

Deain hasus mengacu pada SNI dimana sesuai dengan karakteristik sumber air dan tidak ada bahan dasar dalam jumlah berlebih.

Kontrol Jaringan Transmisi dan Distribusi Pipa Air Minum

Melakukan pengecekan berkala melalui penyusunan adminitrasi pemasangan pipa sehingga mengetahui umur pipa, menghindari pemakaian pipa distribusi dengan bahan dasar besi.

Pengaruh Lingkungan Terhadap Kualitas Air Minum

Secara keseluruhan kualitas air permukaan sangat dipengaruhi oleh karakteristik daerah tangkapannya (catchment area), sedangkan air sangat dipengaruhi oleh karakteristik batuan yang dilaluinya.

Beragamnya kualitas air yang ada maka Pemerintah Indonesia menetapkan bahwa standar kualitas air minum mengacu kepada baku mutu yang dikeluarkan Kementrian Kesehatan RI Tentang Persyaratan Kualitas Air Minum No. 492 Tahun 2010. Agar sumber air memenuhi persyaratan tersebut maka dibuatlah bangunan pengolahan air (IPA) berdasarkan karakteristik yang sesuai dengan kualitas sumber air, sehingga aman dikonsumsi oleh masyarakat.

Sahabat pastinya tidak mau ketinggalan materi-materi berikutnya, makanya jangan lupa ya follow kita dengan cara like FB Fanpage kami, subscribe by email (lihat sebelah kanan tinggal diisi aja email sahabat atau yang lewat mobile bisa masuk ke web version dan lihat paling bawah), follow google plus, dan twitter penulis ya.

BERLANGGANAN GRATIS!
Silahkan masukan email anda untuk mendapatkan kiriman artikel terbaru dari blog kami bersama 500 Pembaca lainnya, gratis langsung ke email anda.

Related Posts

Kualitas Air Minum yang Wajib Dipenuhi
4/ 5
Oleh

Mohon komentar yang relevan dan benar sesuai pembahasan. pernah menuliskan link karena pasti dihapus. Terima kasih.